SMK KAL 1 Gelar Link And Match Penyelarasan Kurikulum dan Bahan Ajar dengan DUDI

SURABAYA, Liputan Terkini – Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut SMK KAL-1 selama dua hari (05-06) September 2022 menyelenggarakan workshop Link and Match Penyelarasan Kurikulum dan Bahan Ajar dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri dengan nara sumber Dra. Anastasia Moertodjo, MT dan Firman Yasa Utama,S.Pd., M.T.

Kehadiran kedua nara sumber tersebut di terima oleh oleh Kepala Sekolah SMK KAL-1 Munawar, S. Pd di ruang kerja Kepala Sekolah sambil menunggu lengkapnya peserta yang hadir.

Dra. Anastasia Moertodjo, M.T sebagai Pengelola Kurikulum Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Sidoarjo, sementara itu Firman Yasa Utama, S. Pd., M.T merupakan Praktisi Pendidikan Vokasi dari Unesa. Keduanya di depan guru SMK KAL-1 serta perwakilan dari DUDI menyampaikan pentingnya Penyelerasan Kurikulum dan Bahan Ajar yang di terapkan di SMK PK pada era Kurikulum Merdeka.

Peserta yang hadir dalam Penyelarasan Kurikulum dan Bahan Ajar dengan DUDI tersebut disamping para guru SMK KAL-1 juga perwakilan dari Komite Sekolah PT. PAL Indonesia, PT. Fave Graha Agung, PT.Ragam Citra Harmoni, PT Asco Daihatsu PT. Golden Ocean Internasional dimana kelima Perusahaan tersebut terkait dengan jurusan/ kompetensi yang ada di SMK KAL-1. Ke lima Kompetensi tersebut adalah Kompetensi Teknik Pemesinan, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Audio Video dan Teknik Logistik.

Kepala Sekolah SMK KAL-1 Munawar, S. Pd mengharapkan agar kiranaya Penyelarasan Kurikulum dan Bahan Ajar dengan DUDI di SMK akan mampu menjawab tuntutan dan budaya kerja yang berlaku di Industri, sehingga lulusan SMK memiliki kompetensi dan etos kerja yang sesuai dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri.

Selama dua hari pembahasan berlangsung sangat dinamis, komunikasi dua arah yang baik, sehingga mereka mampu menelurkan kesepakatan terkait dengan pembelajaran kepada peserta didik. Peserta didik nantinya diharapkan memiliki kompetensi akan paham budaya kerja di Industri, mampu menyelesaikan tugas sesuai kompetensinya. Dengan kata lain kegiatan ini merupakan awal indikator bersama antara DUDI dan diharapkan dapat mewujudkan peran DUDI dalam revitalisasi SMK yang finalnya adalah lulusan SMK KAL-1 nantinya dapat terserap oleh DUDI. (Dar).

Related Posts