10 Finalis Lomba Guru Inspiratif Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Unjuk Kemampuan

Surabaya, (11/01) | Yayasan Hang Tuah dalam rangka menyongsong HUT Ke-77  Tahun  2024 mengadakan Lomba Guru Inspiratif, Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah yang saat ini membawahi 35 Satuan Pendidikan  mengikuti lomba tersebut dimana pada finalis yang di laksanakan di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo di buka oleh  Ketua Pengurus  Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP (11/02/24)

Ketua Pengurus  Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP dalam sambutannya menyampaikan bahwa Lomba Guru Inspiratif ini  merupakan rangkaian lomba dalam rangka HUT Ke- 77 Yayasan Hang Tuah.
Ditambahkan oleh Kapeng bahwa dimasa sekarang ini terobosan dan inovasi dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) sudah menjadi  hal yang sangat penting dalam dunia pendidikan , terutama  untuk pendidikan anak usia dini hingga  menengah. Dimana pada usia ini anak-anak  berada pada masa emas dalam perkembangan baik secara fisik, psikis maupun perkembangan  intelektualnya sehingga para guru sebagai  transformator ilmu pengetahuan  harus segera menciptakan suatu inovasi pembelajaran yang sesuai dengan  situasi  dan kondisi saat ini.
Apalagi sekarang ini Gadget merupakan hal biasa di kalangan anak-anak. Tentu semua hal dapat mereka akses dengan sangat  mudah, disinilah fungsi guru sangat vital untuk mengontrol dan mencegah anak-anak dari pengaruh kebudayaan  yang tidak baik, serta mendorong mereka untuk tetap mencintai dan bangga dengan kebudayaan bangsa Indonesia sendiri.
Sebagai penutup dalam sambutannya, kita semua  mempunyai tanggung jawab yang besar kepada bangsa Indonesia  untuk mempersiapkan generasi muda kita  menjadi generasi penerus bangsa  yang berkualitas dan siap bersaing  secara global, namun tetap berkarakter, beriman  dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berjiwa bahari.
Ketua Panitia HUT Ke-77 Yayasan Hang Tuah  untuk Cabang Surabaya  Kartikasari, M.Pd  di dampingi Koordinator Lomba Guru Inspiratif  Emmy Wahyuni, M.Pd kepada awak media menyampaikan proses lomba yang di awali pada sesi pertama  seluruh peserta dari 35 satdik-satdik  mengirim produk  yang akan di ikutkan lomba melalui link yang sudah di siapkan oleh panitia, waktu pengiriman materi produk di tentukan  11 Desember hingga  04 Januari 2024.
Kriteria penilaian terdiri dari 2 tahap, tahap pertama merupakan materi produk yang telah dikirim ke panitia yang meiputi  :  nilai inovasi dan kreaktifitas pembelajaran, konten materi meaningful, kemenarikan  dan berpihak kepada siswa, alur penyajian, nilai inspiratif dan teknis hasil karya.  Sedangkan penilaian tahap kedua /saat tatap muka denga tim juri meliputi penampilan dan papran,  hasil akhir  merupakan gabungan nilai dari tahap pertama dan tahap kedua.
Tim Juri Dr. Erny Roesminingsih, M.Pd Kaprodi S-3 Universitas Surabaya
dan   Indhra Musthofa, S.PdI, M.PdI yang kesehariannya sebagai Pelatih Ahli BBGP Prop Jatim menyeleksi untuk menentukan 10 peserta terbaik  pada 05-08  Januari dan pengumuman 10 Finalis terpilih 09 Januari 2024.
Pelaksanaan  Finalis  Lomba Guru Inspiratif  (11/01/24), mereka presentasi di depan Juri selama 10 menit dan uji tanya jawab selama 20 menit sehingga menakan waktu selama 5 jam untuk 10 peerta. Presentasi materi produk lomba di laksanakan di ruang tertutup, tampil satu persatu dan peserta berada di ruangan lain.
Dari Finalis Lomba Guru Inspiratif  yang berakhir pada jam 15.00 WIB, berhasil keluar sebagai juara 1 Muh Haris Al Fatoni, S.PdI dari SD Hang Tuah 9 dengan total nilai  356, juara 2 Nevy  Erlianti Nurachma Sari  TK Hang Tuah 11 dengan total nilai  347, juara 3 Khurrotul Aini , M.Pd dari SMA Hang Tuah 5 dengan total nilai 346, juara harapan 1 Siti Hardyan Maharani dari SMK KAL-1 dengan total nilai 345 dan juara harapan 2 Deni Saputra, S.Pd dari SMP Hang Tuah 6 Excellent dengan total nilai 344.
Kepada para juara tersebut, Ketua Pengurus  Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP menyerahkan   trophy, sertifikat dan dana pembinaan, sedangkan untuk peserta rankin 6 hingga 10 menerima piagam penghargaan yang di serahkan langsung oleh  Kabiddik Cabang Surabaya YHT Dra.  Ramayanti.
Turut hadir dalam kegiatan ini Pengurus inti Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah  Sekertaris Niken Dyah Puspitorini , S.Pd,  Bendahara Hestanofia , S.E,  Kabidbang  Kolonel (Purn) Herlinawati, Ketua MKKS YHT Hadi Sukiyanto, S.Pd., M.M (Kasatdik SMA Hang Tuah 2) serta  seluruh panitia  Lomba Guru Inspirasi  terdiri dari  Kasatdik SMP Hang Tuah 2 Soni Indrawanto, M.Pd, Kasatdik SMP Hang Tuah 5 Ari Sutrijono,S.Pd., M.M, Kasatdik SD Hang Tuah 12 Lathifatul Qolbi, M.Pd, Kasatdik TK Hang Tuah  4 Erna Maydiawati, S.Pd.
(yht/dar)

Related Posts