Berkolaborasi Dengan Yayasan Hang Tuah, Pasis Suspa Staf Pusdikbanmin Sasar SMK KAL-1, Berikan Materi Medsos dan Mencegah Bullyin

Surabaya, (11/10) | Kehadiran 49 Perwira Suspa Staf Pusdikbanmin Kodiklatal ke SMK KAL-1 Surabaya dengan memberikan pengetahuan tentang Medsos dan Mencegah Bullying mendapat antusias dari 622 siswa Rabu,(11/10/23).

Lattek Komunikasi Sosial Binpotmar Siswa Suspa Staf Ta.2023 dari Pusdikbanmin ini, menghadirkan 49 Perwira yang di bagi dalam 19 kelas yang ada di SMK KAL-1 mulai dari kelas X,XI dan XII semua jurusan ( Teknik Pemesinan, Otomotiv, Instalasi Tenaga Listrik, Audio Video dan Teknik Logistik). Kegiatan terpusat di ruang rapat Punthodewo dan di ikuti secara virtual / zoom ke 19 kelas dengan pendampingan para wali kelas dan 2 perwira di setiap kelasnya.

Para perwira ini sebelumnya telah mendapat pembekalan Dawilhanla ( Pemberdayaan Wila yah Pertahanan Laut dari Kolonel Laut (P) Rumpoko Taji Opsla Pokgadik serta Binpotmar ( Pembinaan Potensi Maritim) dari Kolonel Laut (KH) Jarwadi Tajar Pokgadik selama menjalani Suspa Staf di Pusdikbanmin Kodiklatal, untuk itu saat ini mereka menjalani Lattek di SMK KAL-1.

Beberapa hari sebelum pelaksanaan Lattek, Kolonel Laut (KH) Jarwadi Tajar Pokgadik Kodiklatal melakukan koordinasi dengan Ketua Pengurus Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP untuk berkolaborasi dengan Satdik yang berada di Yayasan Hang Tuah, dan telah di sepakati bersama bahwa kegiatan Lattek Komunikasi Sosial Binpotmar Siswa Suspa Staf Pusdikbanmin akan di laksanakan di SMK KAL-1 Rabu, (11/10/23) dan di SMK Farmasi Sekesal Hang Tuah akan dilaksanakan Kamis, (12/10/23).

Kasatdik SMK KAL-1 Munawar, S.Pd., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa seluruh siswanya dapat mengikuti paparan dari para perwira dengan baik karena ini merupakan kelengkapan persyaratan kalian untuk menjadi pemimpin masa depan menggantikan kita semua.

Saat ini para siswa memiliki peluang yang sangat besar , namun tantangan juga banyak . Oleh karenanya siswa di Yayasan Hang Tuah , khususnya siswa SMK KAL-1 akan mampu memproteksi terkait dengan pengaruh-pengaruh yang buruk untuk keberlangsungan negara ini. Juga disampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan kepada SMK KAL-1 menjadi tempat Lattek bagi Perwira Suspa Staf Pusdikbanmin. Hal ini sangat memberikan dampak positif bagi kami keluarga besar SMK KAL-1 Surabaya.

Kolonel Laut (KH) Jarwadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa perkembangan teknologi khususnya Teknologi Informasi telah menjadikan seolah dunia tanpa batas, artinya bahwa kita yang saat ini berada di ruangan ini, bisa mengetahui apa yang terjadi di luar sana hanya dengan waktu hitungan menit. Kemajuan teknologi ini telah banyak membantu manusia untuk mengatasi hambatan utamanya dalam bermedia sosial.

Namun di sisi lain perkembangan teknologi informasi memiliki pengaruh yang negatif dan membahayakan jika tidak hati-hati dalam pemanfaatannya bahkan banyak yang tersandung hukum karena salah dalam menggunakan media sosial tersebut.

Selain tentang penggunaaan medsos, saat ini juga sedang menjadi sorotan tajam di masyarakat dan di dunia pendidikan khususnya yaitu terjadinya bullying atau perundungan. Mengantisipasi dan menghadapi kedua masalah tersebut diatas , maka perlu segera diambil langkah-langkah upaya pencegahan agar hal tersebut tidak terjadi di lingkungan sekolah ini.

Melihat fenomena tersebut maka Siswa Suspa Staf Pusdikbanmin Tahun 2023 berinisiatif untuk memberikan sumbangsihnya yang nyata dan relevan dengan kehidupan para remaja saat ini termasuk siswa SMK KAL-1 yang bernaung di Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah . Hal ini merupakan implementasi dari UU RI Nomor 34 Tahun 2004 pada pasal 9 point E, yang menyatakan bahwa salah satu tugas TNI AL adalah melaksanakan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut.

Di ruang Punthadewa SMK KAL-1 , 39 siswa gabungan dari tiap-tiap kelas mendapat pencerahan / paparan pengetahuan materi Medsos dan Mencegah Bullying, Lettu Laut(S) Suyadi menyampaikan materi Medsos dan Lettu Laut ( KH) Reski Akbar, S.Psi menyampaikan materi Mencegah Bullying.

Materi Medsos di kupas tuntas oleh Letnan Suyadi, mulai dari pengertian apa itu medsos, hak bersosial di medsos, batasan-batasan di medsos, etika di medsos, pengaruh medsos, prinsip menggugah medsos, rambu-rambu konten medsos yang produktif dan lain-lainnya.

Sementara itu Letnan Reski menyampaikan materi Mencegah Bullying yang saat ini sedang viral di medsos. Data bullying yang terjadi di Indonesia, beberapa contoh bullying yang saat ini lagi viral , pengertian bullying, kebijakan perlindungan anak ( kebaikan dan sangsi), tempat terjadinya bullying, jenis bullying, pihak yang menjadi bullying , dampak bullying dan lain lain.

Pada sesi akhir pemapar menyampaikan ada beberapa hal yang dapat di lakukan oleh pihak sekolah antara lain : membuat layanan pengaduan yang aman dan terjaga kerahasiaannya, bekerjasama dan komunikasi aktif antara siswa, guru dan orang tua , memberikan bantuan kepada siswa yang mendapat bullying, pendidik dan tenaga kependidikan memberi keteladanan perilaku positif tanpa kekerasan, memastikan sarpras di Satdik tidak mendorong siswa berperilaku bullying dan program anti bullying di Satdik melibatkan siswa, orang tua, guru, alumni dan masyarakat sekelilingnya.

Selama berlangsung penyampaian materi, terjadi interaksi positif dari siswa SMK KAL-1, hal ini terlihat dari beberapa pertanyaan yang langsung dapat dijawab oleh siswa dan siswapun juga di berikan kesempatan bertanya sehingga komunikasi dua arah berjalan dengan baik.

Di sela-sela berlangsungnya penyampaian materi yang terpusat dari ruang Punthodewo, Kolonel Rumpoko di dampingi Kasatdik SMK KAL-1 Munawar,S.Pd., M.Pd melaksanakan peninjauan ke beberapa ruang kelas yang mengikuti kegiatan ini secara virtual / zoom.

Sebagai tambahan m enurut Kolonel Jarwadi, Lattek Pasis Suspa Staf Pusdikbanmin besuk Kamis(12/10/23) akan kembali menyampaikan Materi Medsos dan Mencegah Bullying di SMK Farmasi Sekesal Hang Tuah di Gunungsari Surabaya.

(yht/dar)

Related Posts