SMK KAL-1 Menerima Studi Tiru Siswa dan Guru SMK N 7 Mataram

Surabaya, (26/05) | Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut SMK KAL-1 pada Tahun Pelajaran 2022/2023 mendapat kepercayaan menerima kehadiran tim Studi Tiru dari SMK N 7 Mataram yang pimpin langsung oleh  Kepala Sekolah  M. Zulkarnain , SE., M.M  diterima Ketua Paniia Karno  Setyo Budi,  S.Pd.,  M.Pd di depan gerbang/ pintu masuk SMK KAL-1 Surabaya.

Kehadiran tim Studi Tiru dari SMK N 7 Mataram terdiri dari 3 guru, 1  tenaga admisistrasi dan  34 siswa , setibanya di pintu masuk / gerbang SMK KAL-1 di sambut Pasukan Jajar Kehormatan yang terdiri dari Paskibra ( PASKAL-1)  dari siswa kelas X, setelah melewati Pasjar tersebut Kasatdik/Kepala Sekolah SMK KAL-1 Munawar S Pd menyambut kehadiran rombongan untuk selanjutnya memperkenalkan guru dan staf yang turut dalam penyambutan tersebut.

Ditujunya SMK KAl-1 Surabaya  sebagai sasaran Studi Tiru bagi SMK N 7 Mataram, menurut Kepala sekolahnya “ Karena usia SMK KAL-1 jauh lebih tua, dimana berdirinya sudah ditahun ‘60-an, menurutnya bila di bandingkan dengan  usia SMK N 7 Mataram adalah seperti anak dan Bapak” tuturnya

Kasatdik SMK KAL-1 Munawar,  S.Pd di ruang Puntodewa menyampaikan sepatah kata sambutan sekaligus memperkenalkan profil SMK KAl-1 dimana  pada tahun 2022 sekolah ini menjadi SMK PK   Kepada rombongan tamunya  Kasatdik SMK KAL-1  menjelaskan keberadaan SMK PK bagi SMK KAL-1.  SMK KAL-1 telah mendapatkan program SMK PK  reguler pada tahun 2022 tuntas bulan Desember, selanjutnya SMK KAL-1 mendapatkan peluang untuk pengajuan SMK PK Pemadanan dimana  dengan skema ini,  Sekolah mendapat bantuan dari 3 DU yakni PT. Bambang Djaya, PT. Kawan Lama dan  CV. Gesang Teknik, namun hingga saat ini Sekolah masih menunggu SK dari Direktorat terkait dengan SMK PK Pemadanan. Walaupun tahapan atau proses sudah tuntas, terkait kurasi yg merupakan tahapan final, saat ini Sekolah telah mempersiapkan Pelaksanaan program tersebut

Kepala Sekolah SMK N 7 Mataram pun juga menyampaikan  apa yang ada di sekolahnya, pada kenyataanya antara SMK KAL-1 Surabaya dan SMK N & Mataram sama-sama menjadi SMK PK pada tahun yang sama  dan juga sama dalam proses pengajuan SMK PK Pemadanan.

Setelah sepatah kata dari kedua belah pihak,  Kajur  Manajemen Logistik SMK N 7  Dra Laelatul Mala menyampaikan tujuan dan sasaran studi tiru ke SMK KAL-1 Keberadaan SMK N 7 Mataram yang berdiri pada tahun 2004 , saat ini memiliki  1100 siswa dan 75 guru  Sasaran studi tiru ke SMK KAL-1 adalah  pada jurusan Teknik Logistik Untuk itu  paparan keberadaan jurusan Teknik Logistik SMK KAL-1 oleh Kaprodi Sabrina Alfionita ST serta  visi misi Teknik Logistik  dan pemutaran beberapa video aktivitas pembelajaran, kunjungan industri, dan praktek kerja lapangan yang dilakukan oleh siswa kelas XI jurusan Teknik Logistik sangat membantu dalam meraih target Studi Tiru tersebut

Sesi berikutnya penyerhan cindera mata dari kedua kepala sekolah  dan diteruskan  peninjauan ke Laboratorium  Teknik Logistik  yang di jelaskan langsung oleh Kaprodi Teknik Logistik  Sabrina  Alfionita, S.T serta para siswa  kelas X jurusan Teknik Logistik, mereka / siswa  dan guru pendamping SMK N 7 Mataram secara bergantian juga meninjau keberadaan bengklel di Teknik Pemesinan yang di sana sudah siap beberapa siswa jurusan Teknik Pemesianan di dampingi  Kaprodi Teknik Pemesinan Elly  Rahmawati, S. Pd., M.Pd,  kemudian ke bengkel  Teknik Kendaraan Ringan yang dinjelaskan oleh siswa dan Kaprodi  Alfian  Endi Almanta, S. Pd , sedangkan di jurusan Teknik Audio Video  di jelaskan oleh Kaprodi  Dadang  Setyono S.Pd.,  MPd dan terahir peninjauhan  ke bengkel Teknik Instalasi Tenaga Listrik di jelaskan oleh siswa dan Kaprodi  Supriyanto, ST.

Kunjungan berakhir dengan ramah-tamah foto bersama serta melihat demontrasi Drum Band Genderang Suling Gita Anjara Samudera  yang di mainkan oleh siswa kelas X SMK KAl-1 yang di arsiteki oleh  personil  TNI AL dari Kodiklatal Surabaya.

(yht/dar)

Related Posts